Friday, May 31, 2024

Jurnal Pengabdian Pertama UMBY - Angudi Mulyaning Bangsa


Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM UMBYLPPM UMBY) bagian Publikasi, menyelenggarakan Workshop Penggunaan Reference Tools dan Tips Menghindari Predatory Journals pada hari Rabu, 15 Mei 2024. Workshop ini dilaksanakan di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY dan menghadirkan Syarief Fajaruddin, dosen dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, sebagai pemateri.

Selain dipandu oleh Dr. Yuli Perwita Sari, STP, yang juga merupakan Kepala Bagian Publikasi, kegiatan ini sekaligus menjadi momen peluncuran Jurnal pengabdian Gratis bernama Angudi Mulyaning Bangsa oleh Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet, STP, MP, MCE. "Workshop ini diadakan mengingat pentingnya penggunaan reference tool sebagai keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh setiap penulis atau peneliti," ungkap Kepala LPPM UMBY, Luky Kurniawan, M.Pd.

Luky juga menjelaskan bahwa penggunaan reference tool akan memudahkan dalam mensitasi referensi yang akan dimuat dalam artikel yang dipublikasikan. "Semoga pelatihan ini dapat berkelanjutan. Ke depannya, kami akan mengadakan pelatihan lanjutan mengenai penggunaan analisis bibliometrik sehingga peluang diterima di jurnal-jurnal bereputasi semakin besar," tambahnya.

Ia berharap jurnal Angudi Mulyaning Bangsa dapat menjadi wadah bagi dosen UMBY untuk mempublikasikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. "Harapannya, jurnal ini dapat menerima 50% artikel dari internal dan 50% dari eksternal sehingga saat proses akreditasi dapat memperoleh poin yang maksimal," ujar Luky.

Rektor UMBY, Dr. Ir. Agus Slamet, STP, MP, MCE, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada LPPM yang telah bekerja keras dalam menyusun hingga meluncurkan jurnal pengabdian kepada masyarakat, Angudi Mulyaning Bangsa. Jurnal pengabdian Gratis ini Nama jurnal ini sangat sesuai dengan harapan dan pendiri universitas, yaitu Angudi Mulyaning Bangsa. Semoga setiap edisi selalu terisi dan dapat meningkatkan semangat dalam tri darma, khususnya dalam penelitian dan publikasi," tuturnya.

No comments:

Post a Comment